FORUM AKADEMISI BERSATU WEBSITE
  • Home
  • Tentang FAB
  • Publikasi
  • Penta Helix
  • Services and Competences
  • Home
  • Tentang FAB
  • Publikasi
  • Penta Helix
  • Services and Competences
Search
Kepemimpinan Transformasional (Transformational  Leadership)
​Kepemimpinan transformasional adalah teori kepemimpinan ketika perilaku seorang pemimpin mempengaruhi pengikutnya dan menginspirasi mereka untuk bekerja melebihi kemampuan yang mereka rasakan. Kepemimpinan transformasional menginspirasi orang untuk mencapai hasil yang tidak terduga atau luar biasa. Pemimpin transformasional bekerja dengan tim atau pengikut di luar kepentingan pribadi mereka untuk mengidentifikasi perubahan yang diperlukan. Mereka menciptakan visi untuk memandu perubahan melalui pengaruh dan inspirasi. Perubahan ini dilaksanakan bersama-sama dengan anggota kelompok yang berkomitmen dan melibatkan kepentingan pribadi. Hal ini meningkatkan cita-cita pengikut, tingkat kedewasaan, dan kepedulian terhadap pencapaian.
Pendidikan di Indonesia sangat memerlukan transformasi kepemimpinan yang fundamental dan cepat selaras dengan dinamika perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Pentingnya kepemimpinan yang transformasional dalam pendidikan menjadi prioritas untuk meningkatkan kinerja sekolah / perguruan tinggi dan kualitas pendidikan nasional. Kepemimpinan transformasional adalah gaya kepemimpinan  yang menekankan menginspirasi dan memotivasi pengikut untuk melampaui kepentingan visioner demi kebaikan yang lebih besar. Kepemimpinan transformasional ditandai oleh empat elemen utama: pengaruh ideal, motivasi inspirasional, stimulasi intelektual, dan pertimbangan individual. Dengan mewujudkan elemen-elemen tersebut, pemimpin sekolah / perguruan tinggi dapat menciptakan lingkungan yang mempromosikan keterlibatan, pembelajaran, dan pencapaian bagi semua pemangku kepentingan.
Kepemimpinan transformasional dalam pendidikan melakukan pemecahan masalah dengan menghubungkan perencanaan sampai ke pelaksanaan pendidikan konteks dunia nyata dengan cara berbasis faktual dan relasional. Beberapa alasan mengapa kepemimpinan transformasional dalam pendidikan sangat penting:
  1. Mengatasi Tantangan: Pemimpin pendidikan memainkan peran penting dalam mengatasi tantangan yang dihadapi oleh lembaga pendidikan, seperti anggaran yang tidak mencukupi, rasio siswa-guru yang besar, kemiskinan siswa, dan kesehatan siswa yang buruk. Mereka mengadopsi pendekatan berbasis solusi yang menghargai inovasi dan inklusivitas, yang mengarah pada perubahan dan pertumbuhan positif.
  2. Inovasi dan Adaptasi: Kepemimpinan pendidikan mendorong inovasi dalam metodologi pembelajaran dan membantu institusi beradaptasi dengan keadaan yang berubah, seperti respons terhadap digitalisasi Pendidikan dan penerapan teknologi kecerdasan buatan.
  3. Pemrograman Pendidikan yang Ditingkatkan: Pemimpin pendidikan fokus pada peningkatan program pendidikan dengan menetapkan standar kurikulum, menyiapkan anggaran, dan menerapkan kebijakan di seluruh sekolah / perguruan tinggi. Mereka juga bekerja pada upaya membangun tim dan restrukturisasi untuk mendorong perubahan positif.
  4. Budaya Kerja Positif yang Menginspirasi: Kepemimpinan pendidikan yang efektif menginspirasi budaya kerja positif yang mendorong kolaborasi, inklusivitas, dan visi masa depan yang jelas. Ketika guru dan staf bekerja di lingkungan yang mendukung, siswa mendapat manfaat dari pengalaman pendidikan yang lebih memperkaya.
  5. Pengembangan dan Advokasi Kebijakan: Pemimpin pendidikan sering terlibat dalam pengembangan kebijakan dan masalah reformasi, mengadvokasi sistem pendidikan yang lebih baik di tingkat lokal, negara bagian, atau nasional.
Menciptakan Iklim Sekolah / Perguruan Tinggi yang Positif
Salah satu tindakan paling berdampak yang dapat diambil oleh seorang pemimpin sekolah / perguruan tinggi adalah menumbuhkan iklim sekolah/ perguruan tinggi yang positif. Pemimpin transformasional dapat mencapai ini dengan memodelkan nilai, keyakinan, dan perilaku yang ingin mereka lihat di komunitas civitas akademika. Melalui pengaruh yang ideal, para pemimpin ini mencontohkan standar etika yang tinggi, integritas, dan komitmen terhadap visi sekolah / perguruan tinggi, sehingga menciptakan suasana kepercayaan dan kolaborasi.
Selain itu, pemimpin transformasional dapat meningkatkan keterlibatan dengan memberikan motivasi yang menginspirasi. Dengan mengartikulasikan visi yang jelas dan menarik, mereka dapat menginspirasi dan memberi energi kepada staf dan siswa untuk bekerja menuju tujuan bersama. Tujuan bersama ini membantu menyatukan komunitas sekolah / perguruan tinggi dan menciptakan rasa memiliki, yang sangat penting untuk mempromosikan keterlibatan dan meningkatkan prestasi akademik.
Memberdayakan Guru / Dosen
Tindakan signifikan lainnya yang dapat diambil oleh para pemimpin sekolah / perguruan tinggi untuk meningkatkan keterlibatan, pembelajaran, dan prestasi adalah pemberdayaan guru / dosen. Pemimpin transformasional memahami bahwa guru / dosen adalah pendorong utama keberhasilan siswa, dan mereka secara aktif berusaha untuk mendukung pertumbuhan profesional mereka.
Dengan memberikan stimulasi intelektual, pemimpin sekolah / perguruan tinggi dapat menantang guru / dosen untuk berpikir kreatif dan kritis tentang praktik instruksional mereka. Ini termasuk mendorong guru / dosen untuk terlibat dalam pengembangan profesional yang berkelanjutan, praktik reflektif, dan pemecahan masalah kolaboratif. Ketika guru / dosen merasa didukung dalam pertumbuhan profesional mereka, mereka lebih mungkin untuk terlibat, inovatif, dan efektif di kelas.
Selain itu, pemimpin transformasional menunjukkan pertimbangan individual dengan mengenali kekuatan, kebutuhan, dan aspirasi unik dari setiap guru / dosen. Dengan menawarkan dukungan dan umpan balik yang dipersonalisasi, mereka dapat membantu guru / doseb mengatasi tantangan, membangun kepercayaan diri, dan pada akhirnya meningkatkan efektivitas pengajaran mereka.
Menciptakan Budaya Peningkatan Berkelanjutan
Salah satu tindakan paling berdampak yang dapat diambil oleh para pemimpin sekolah / perguruan tinggi untuk meningkatkan keterlibatan, pembelajaran, dan pencapaian adalah menumbuhkan budaya perbaikan berkelanjutan. Ini membutuhkan pendekatan proaktif untuk mengidentifikasi area untuk pertumbuhan dan menerapkan intervensi yang ditargetkan untuk mengatasi area ini.
Pemimpin transformasional dapat memfasilitasi peningkatan berkelanjutan dengan membangun sistem untuk pengambilan keputusan berbasis data. Dengan mengumpulkan, menganalisis, dan menindaklanjuti data yang terkait dengan kinerja dan keterlibatan siswa, pemimpin sekolah / perguruan tinggi dapat mengidentifikasi area kekuatan dan kelemahan, menetapkan tujuan strategis, dan memantau kemajuan menuju tujuan ini. Pendekatan berbasis data ini memungkinkan sekolah / perguruan tinggi untuk membuat keputusan yang tepat tentang alokasi sumber daya, pengembangan profesional, dan desain kurikulum, memastikan bahwa upaya mereka difokuskan pada area dengan potensi dampak terbesar.
Selain itu, pemimpin transformasional dapat mempromosikan budaya perbaikan berkelanjutan dengan melibatkan semua pemangku kepentingan dalam prosesnya. Ini termasuk melibatkan guru, siswa, dan orang tua dalam pengambilan keputusan dan menciptakan peluang agar suara mereka didengar. Dengan menumbuhkan rasa kepemilikan bersama dan tanggung jawab atas keberhasilan sekolah / perguruan tinggi, para pemimpin dapat memobilisasi upaya kolektif komunitas sekolah perguruan tinggi menuju peningkatan berkelanjutan dan tingkat pencapaian yang lebih tinggi.
Pemimpin transformasional dalam pendidikan perlu menyeimbangkan beberapa dimensi. Untuk memahami dimensi ini, kami berbicara dengan sejumlah pemimpin transformasi , penasihat mereka, dan rekan-rekan mereka, yang mewakili sistem pendidikan yang berbeda pada tahap perkembangan yang berbeda . Pemimpin transformasional akan memperhatikan tiga langkah yang sangat strategis dalam mencapai tujuan:
  • Berpikir kedepan: Menetapkan visi dan strategi untuk sistem pendidikan yang berkualitas.
  • Memperkokoh kekuatan internal: Mengelola sistem pendidikan dan membangun kemampuan  di antara pemangku kepentingan internal.
  • Membina hubungan sinergitas: Mensinergikan dan melibatkan pemangku kepentingan di dalam dan di luar sistem pendidikan untuk berkontribusi dalam peningkatan kualitas pendidikan.
Tujuh karakteristik diskrit dari pemimpin transformasional (atau dimensi):
  1. membangun visi sekolah / perguruan tinggi dan menetapkan tujuan,
  2. menciptakan budaya sekolah /perguruan tinggi yang produktif,
  3. memberikan stimulasi intelektual,
  4. menawarkan dukungan individual,
  5. Pemodelan praktik terbaik dan nilai-nilai organisasi yang penting
  6. menunjukkan ekspektasi kinerja tinggi, 
  7. mengembangkan struktur untuk mendorong partisipasi dalam keputusan pimpinan.
Tujuh dimensi atau karakteristik kepemimpinan transformasional ini jelas selaras dengan Standar dari Forum Akademisi Bersatu yaitu:
Standar 1. Maksud dan Arah Pendidikan (Purpose and Direction).
Standar 2. Tata Kelola Pendidikan dan Kepemimpinan (Governance and Leadership).
Standar 3. Pengajaran dan Akses pembelajaran (Teaching and Assessing for Learning).
Standar 4. Sumber daya dan sistem pendukung pendidikan (Resources and Support System).
Keempat standar tersebut sangat dominan dalam menentukan peningkatan kinerja sekolah / perguruan tinggi dan peningkatan kualitas pendidikan.
Pendidikan Cerdas (smart education) untuk Indonesia Emas 2045.
Perubahan yang sangat cepat di era digitalisasi, mendorong adaptasi dan penyesuaian dalam pendidikan global. Digitalisasi dalam pendidikan merupakan terobosan penting untuk membuka jalan baru dan membentuk keuntungan baru dalam pengembangan pendidikan.
​UNESCO menganjurkan pembangunan "kontrak sosial" baru, yang sepenuhnya memanfaatkan dividen pendidikan yang memanfaatkan teknologi digital untuk lebih menunjukkan pendidikan sebagai kepentingan publik global. Konferensi Tingkat Tinggi Transformasi Pendidikan Perserikatan Bangsa Bangsa 2024 menyerukan kepada negara-negara untuk sepenuhnya memanfaatkan kekuatan revolusi digital untuk mendorong reformasi pendidikan global, serta untuk memastikan penyediaan pendidikan berkualitas tinggi dan pembelajaran seumur hidup sebagai kepentingan bersama bagi semua orang. Pemerintah Indonesia telah melakukan langkah langkah  untuk memajukan digitalisasi pendidikan, membangun masyarakat pembelajar, dan berupaya menjadi negara yang berorientasi pada pembelajaran dengan pembelajaran seumur hidup untuk semua.
Sebagai bentuk pendidikan baru di era digital, pendidikan cerdas (smart education) merupakan pilihan yang tak terelakkan untuk memajukan pendidikan yang adil, inklusif, dan berkualitas tinggi. Dari perspektif transformasi digital pendidikan, fitur-fitur baru pendidikan cerdas terwujud dalam dua aspek: Pertama, karakteristik utama ekosistem pendidikan cerdas nasional atau regional adalah "tujuan pembangunan" pendidikan cerdas. Sasaran-sasaran ini mencakup pengajaran yang berpusat pada siswa, penilaian pembelajaran yang komprehensif, lingkungan belajar cerdas yang ada di mana-mana, peningkatan budaya pendidikan yang berkelanjutan, dan komitmen terhadap pendidikan yang inklusif dan adil. Kedua, fitur konstruktif tambahan dari sistem pendidikan cerdas, yaitu "jalur praktis" (practical pathways) pendidikan cerdas, yang mencakup pembangunan komunitas sosial siswa secara kegiatan proaktif, program dukungan prioritas untuk pengembangan guru, aplikasi teknologi yang etis, rencana reformasi pendidikan berkelanjutan, dan kolaborasi lintas sektor dan lintas disiplin yang efektif.
Diperlukan kolaborasi dalam perencanaan strategis dan kebijakan yang berwawasan ke depan, untuk memimpin pengembangan pendidikan cerdas yang berkelanjutan.
Kebijakan Pendidikan adalah jaminan utama untuk mendorong transformasi digital pendidikan. Pengembangan pendidikan cerdas merupakan upaya utama dalam reformasi pendidikan yang memerlukan perencanaan sistematis dan perencanaan ilmiah. Sangat penting untuk memastikan integrasi teknologi seperti kecerdasan buatan yang normatif dan teratur ke dalam ekosistem pendidikan dan memanfaatkan teknologi baru untuk memfasilitasi pengembangan aplikasi pendidikan dan mekanisme tata kelola yang tepat dan efisien. Penguasaan teknologi yang diperlukan untuk pengembangan sektor pendidikan memiliki tingkat kompleksitas tertentu. Kompleksitas ini memerlukan pemahaman dan implementasi yang komprehensif terhadap kebijakan publik yang memanfaatkan teknologi cerdas untuk mendorong pembangunan berkelanjutan. Hal ini harus melibatkan upaya bersama dan partisipasi luas dari para pemangku kepentingan dan masyarakat umum, untuk mencapai pembangunan kolaboratif sistem pendidikan digital oleh berbagai entitas.
Pemerintah harus memajukan pengembangan pendidikan cerdas berdasarkan struktur tata kelola dan keadaan khusus yang diperlukan untuk mewujudkan Pendidikan cerdas. Pemerintah harus fokus pada tiga titik utama strategis: mengubah metode pengajaran, membangun lingkungan belajar cerdas, dan merumuskan kebijakan berwawasan ke depan. Sangat penting untuk mempertimbangkan keadilan dan inklusi, budaya perbaikan berkelanjutan, dan kolaborasi lintas berbagai sektor.
Para pembuat kebijakan di Pemerintah pusat harus mengevaluasi ulang, menganalisis, dan merumuskan kebijakan pendidikan nasional dari berbagai aspek seperti infrastruktur informasi, sumber daya dan platform pendidikan digital, kurikulum dan metode pengajaran, literasi dan kompetensi digital, tata kelola teknologi, dan administrasi pendidikan.
Pemerintah daerah dan sekolah harus secara aktif mempromosikan pembangunan ekosistem pendidikan cerdas yang baru. Hal ini melibatkan perancangan dan penerapan kampus cerdas dan lingkungan belajar yang inovatif, peningkatan efektivitas pembelajaran, efisiensi operasional sekolah, dan efisiensi perangkat dan sumber daya digital. Hal ini juga mencakup inovasi pembelajaran individu yang didukung oleh fasilitas teknologi dan model pengajaran yang optimal, serta pemantauan proses Pendidikan cerdas yang berkelanjutan.
Para peneliti harus memperkuat kolaborasi dengan para profesional pendidikan, para pengambil keputusan, dan administrator untuk lebih memfasilitasi pengembangan pendidikan cerdas yang terkoordinasi.
Pemerintah diharapkan dapat mempromosikan integrasi sains dan pendidikan serta perpaduan industri dan pendidikan untuk mendukung praktik inovatif dalam pendidikan cerdas.
Dalam interaksi kemajuan teknologi, transformasi sosial, dan perubahan pendidikan, teknologi dan pendidikan secara bertahap membentuk pola baru integrasi sistematis dan mendalam di semua bidang, elemen, proses, dan bisnis. Integrasi ini menunjukkan karakteristik cakupan yang luas, keragaman, dan berbagai nilai. Pada dasarnya, diperlukan "kebijaksanaan", kebersatuan persepsi dan kesamaan tujuan dari pemangku kepentingan untuk Perubahan yang sangat cepat di era digitalisasi, mendorong adaptasi dan penyesuaian dalam pendidikan global. Digitalisasi dalam pendidikan merupakan terobosan penting untuk membuka jalan baru dan membentuk keuntungan baru dalam pengembangan pendidikan. UNESCO menganjurkan pembangunan "kontrak sosial" baru, yang sepenuhnya memanfaatkan dividen pendidikan yang memanfaatkan teknologi digital untuk lebih menunjukkan pendidikan sebagai kepentingan publik global. Konferensi Tingkat Tinggi Transformasi Pendidikan Perserikatan Bangsa Bangsa 2024 menyerukan kepada negara-negara untuk sepenuhnya memanfaatkan kekuatan revolusi digital untuk mendorong reformasi pendidikan global, serta untuk memastikan penyediaan pendidikan berkualitas tinggi dan pembelajaran seumur hidup sebagai kepentingan bersama bagi semua orang. Pemerintah Indonesia telah melakukan langkah langkah  untuk memajukan digitalisasi pendidikan, membangun masyarakat pembelajar, dan berupaya menjadi negara yang berorientasi pada pembelajaran dengan pembelajaran seumur hidup untuk semua.
Sebagai bentuk pendidikan baru di era digital, pendidikan cerdas (smart education) merupakan pilihan yang tak terelakkan untuk memajukan pendidikan yang adil, inklusif, dan berkualitas tinggi. Dari perspektif transformasi digital pendidikan, fitur-fitur baru pendidikan cerdas terwujud dalam dua aspek. Pertama, karakteristik utama ekosistem pendidikan cerdas nasional atau regional adalah "tujuan pembangunan" pendidikan cerdas. Sasaran-sasaran ini mencakup pengajaran yang berpusat pada siswa, penilaian pembelajaran yang komprehensif, lingkungan belajar cerdas yang ada di mana-mana, peningkatan budaya pendidikan yang berkelanjutan, dan komitmen terhadap pendidikan yang inklusif dan adil. Kedua, fitur konstruktif tambahan dari sistem pendidikan cerdas, yaitu "jalur praktis" (practical pathways) pendidikan cerdas, yang mencakup pembangunan komunitas sosial siswa secara kegiatan proaktif, program dukungan prioritas untuk pengembangan guru, aplikasi teknologi yang etis, rencana reformasi pendidikan berkelanjutan, dan kolaborasi lintas sektor dan lintas disiplin yang efektif.
Diperlukan kolaborasi dalam perencanaan strategis dan kebijakan yang berwawasan ke depan, untuk memimpin pengembangan pendidikan cerdas yang berkelanjutan.
Kebijakan Pendidikan adalah jaminan utama untuk mendorong transformasi digital pendidikan. Pengembangan pendidikan cerdas merupakan upaya utama dalam reformasi pendidikan yang memerlukan perencanaan sistematis dan perencanaan ilmiah. Sangat penting untuk memastikan integrasi teknologi seperti kecerdasan buatan yang normatif dan teratur ke dalam ekosistem pendidikan dan memanfaatkan teknologi baru untuk memfasilitasi pengembangan aplikasi pendidikan dan mekanisme tata kelola yang tepat dan efisien. Penguasaan teknologi yang diperlukan untuk pengembangan sektor pendidikan memiliki tingkat kompleksitas tertentu. Kompleksitas ini memerlukan pemahaman dan implementasi yang komprehensif terhadap kebijakan publik yang memanfaatkan teknologi cerdas untuk mendorong pembangunan berkelanjutan. Hal ini harus melibatkan upaya bersama dan partisipasi luas dari para pemangku kepentingan dan masyarakat umum, untuk mencapai pembangunan kolaboratif sistem pendidikan digital oleh berbagai entitas.
Pemerintah harus memajukan pengembangan pendidikan cerdas berdasarkan struktur tata kelola dan keadaan khusus yang diperlukan untuk mewujudkan Pendidikan cerdas. Pemerintah harus fokus pada tiga titik utama strategis: mengubah metode pengajaran, membangun lingkungan belajar cerdas, dan merumuskan kebijakan berwawasan ke depan. Sangat penting untuk mempertimbangkan keadilan dan inklusi, budaya perbaikan berkelanjutan, dan kolaborasi lintas berbagai sektor. Para pembuat kebijakan harus mengevaluasi ulang, menganalisis, dan merumuskan kebijakan pendidikan nasional dari berbagai aspek seperti infrastruktur informasi, sumber daya dan platform pendidikan digital, kurikulum dan metode pengajaran, literasi dan kompetensi digital, tata kelola teknologi, dan administrasi pendidikan.
Pemerintah daerah dan sekolah harus secara aktif mempromosikan pembangunan ekosistem pendidikan cerdas yang baru. Hal ini melibatkan perancangan dan penerapan kampus cerdas dan lingkungan belajar yang inovatif, peningkatan efektivitas pembelajaran, efisiensi operasional sekolah, dan efisiensi perangkat dan sumber daya digital. Hal ini juga mencakup inovasi pembelajaran individu yang didukung oleh fasilitas teknologi dan model pengajaran yang optimal, serta pemantauan proses Pendidikan cerdas yang berkelanjutan. Para peneliti harus memperkuat kolaborasi dengan para profesional pendidikan, para pengambil keputusan, dan administrator untuk lebih memfasilitasi pengembangan pendidikan cerdas yang terkoordinasi.
Mempromosikan integrasi sains dan pendidikan serta perpaduan industri dan pendidikan untuk mendukung praktik inovatif dalam pendidikan cerdas.
Dalam interaksi kemajuan teknologi, transformasi sosial, dan perubahan pendidikan, teknologi dan pendidikan secara bertahap membentuk pola baru integrasi sistematis dan mendalam di semua bidang, elemen, proses, dan bisnis. Integrasi ini menunjukkan karakteristik cakupan yang luas, keragaman, dan berbagai nilai. Pada prinsipnya, memerlukan "kebijaksanaan", kebersatuan persepsi dan tujuan dari pemangku kepentingan untuk merealisasikan keberadaan Pendidikan cerdas (smart education) untuk menuju Indonesia Emas 2045.

Picture
Menuju Indonesia Emas 2045
​prezi.com/view/FoanmAp9lwXp8m202MzY/
​

Picture
Site powered by Weebly. Managed by Rumahweb Indonesia
  • Home
  • Tentang FAB
  • Publikasi
  • Penta Helix
  • Services and Competences